badai salju vortex
25 Januari 2022

ISTANBUL TURUN SALJU LEBAT, BANDARA TUTUP SEMENTARA

By Mutluluck

Memasuki musim dingin, beberapa kota di Turki sudah mulai turun salju sejak beberapa bulan yang lalu. Pertengahan Januari salju mulai turun menyebar ke penjuru negeri. Turki bagian timur, tenggara dan Laut Hitam biasa lebih dingin dibandingkan bagian Istanbul dan kota-kota di tepi Mediterania. Biasanya ketika kota-kota lain sudah dingin bersalju dengan suhu minus, Istanbul masih cerah terang. Tapi memasuki akhir Januari ini agak berbeda. Istanbul sebagai kota metropilitan dan pusat bisnis juga turut terkena dampak cukup parah.

Hujan salju tipis tipis mulai Jum’at malam 21/1 sampai akhir pekan. Beberapa jalanan utama macet hingga berkilo-kilometer. Jalan tol Istanbul-Ankara terpantau padat merayap. Dengan keadaan macet-macetan, beberapa organisasi berinisiatif membagi-bagikan makanan dan minuman untuk mereka yang terjebak macet.

Hari Minggu malam 23/1 sampai Senin hujan salju deras lagi karena efek badai Vortex. Istanbul sisi Eropa terutama daerah distrik Arnavutköy dan sekitar bandara lumpuh. Akibatnya banyak jalan di Istanbul yang terpaksa ditutup, market tutup lebih awal, ada pembatasan kendaraan pribadi yang bepergian, juga bandara utama Istanbul yang sementara tutup beroperasi sehingga semua penerbangan ditunda. Dampak dari adanya peraturan terkait badai salju ini, orang-orang susah menjangkau mana pun jalur darat. Di tengah badai tidak sedikit masyarakat yang harus beraktivitas seperti biasa, pergi bekerja, ke rumah sakit, dan sebagainya. Pemerintah menghimbau masyarakat tidak berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Sampai saat ini, masih dilakukan pembatasan kendaraan dan pembersihan salju di jalanan utama. Rencananya juga, Bandara Istanbul akan segera buka lagi Selasa malam 25/1 jika semua terkendali sesuai perkiraan.