Kursusnya pun ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Di Istanbul kota yang saya tinggali ini, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk ambil kursus Bahasa Turki. Saya sendiri akhir-akhir ini ambil ISMEK. Sebenernya nggak harus ikut kursus bahasa juga sih. Kalau teman-teman bisa sungguh-sungguh dan konsisten belajar Bahasa Turki sendiri, sepertinya jauh lebih baik. Tapi kalau tipe orang seperti saya yang suka mager dan kurang konsisten, ambil kursus memang ide bagus karena selain melatih disiplin, ketemu orang baru dari latar belakang yang berbeda juga nambah-nambah cerita baru.

  • ISMEK (İstanbul Büyükşehir Belediyesi Sanat ve Meslek Eğitimi Kursları)

Di Istanbul ada namanya ISMEK. Di kota-kota lain ada juga semacam ISMEK tapi beda namanya. ISMEK itu istilahnya semacam pelatihan atau kursus di bawah ‘İstanbul Büyükşehir Belediyesi’ atau Kota Metropolitan Istanbul untuk penduduk Istanbul. Bidang jurusan pelatihan yang disediakan juga banyak, jadi kita bisa pilih kursus apa yang paling kita minati. Ada banyak banget pilihan kursusnya, mulai dari kursus bahasa asing (Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Arab, Turki, dll), art & design, hukum, kesehatan, teknologi, mesin, memasak, berkebun, accounting & finance, melukis, menjahit, teknologi tekstil, olahraga, dsb. Kita boleh ambil beberapa kursus sekaligus selama jam atau jadwalnya tidak bertabrakan.

Pendaftaran ISMEK biasa mulai dibuka sekitaran bulan September. Jadi mulai bulan Agustus-September rajin-rajin cek dan pelajari situs webnya, persiapkan rencana mau pilih kursus apa saja, dimana tempatnya dan sesuaikan jadwalnya. Saat waktu pendaftaran dibuka, usahakan tengah malam kalau bisa begadang dan cepat-cepat pilih jurusan kursus yang diminati karena biasanya sistemnya rebutan kursi. Login untuk daftar ISMEK pakai nomer kimlik kependudukan (orang turki) atau nomer ikamet (orang asing). Jadi pastikan kita punya ikamet  (izin tinggal) sebelum daftar ISMEK.

Untuk kursus Bahasa Turki, biasa kuota per kelasnya antara 20, 25 atau 30 siswa tergantung ISMEKnya dimana. Semisal kita sudah mendaftar tapi kuota sudah penuh, berarti nama kita berada di list antrian. List antrian ini kita diposisikan sebagai cadangan. Ada dua kemungkinannya, yaitu bisa dapat panggilan atau tidak. Beruntungnya jika nama kita berada di list antrian awal, kemungkinan besar akan dihubungi pihak ISMEK. Kalau berada di list cadangan pertengahan atau akhir, saya rasa akan sulit kecuali banyak yang mengundurkan diri atau banyak murid yang sudah dicoret karena kebanyakan absen. Jadi, tandanya kalau kita diterima ISMEK adalah kita akan dihubungi oleh perwakilan dari ISMEK. Kalau tidak dihubungi bagaimana? Berarti kita masih di list menunggu, dan mungkin bisa coba lagi tahun depan. Kursus di ISMEK ini sifatnya gratis. Kita hanya keluar uang untuk beli buku saja (sekitar 45tl langsung di gurunya) dan kamus (25tl kalau butuh), juga fotokopi. *harga buku kemungkinan tiap saat berubah

Kültür ve Sanat Merkezi

Kültür ve Sanat Merkezi ini semacam tempat pusat seni dan budaya yang dikelola di bawah belediye setempat. Banyak pusat-pusat seni dan budaya di Istanbul (mungkin juga di kota lain) yang menawarkan kelas bahasa asing, termasuk untuk foreigner seperti kita belajar Bahasa Turki. Pilihan kursusnya juga ada beberapa, cukup bervariasi namun tidak sebanyak di ISMEK. Hanya saja website kültür ve sanat merkezi di tiap-tiap daerah jarang yang update. Jadinya informasi tentang kursus terkadang tidak menyebar. Pihak belediye menggiarkan pengumuman kursus melalui spanduk-spanduk di pinggir jalan. Kalau perlu info kursus gratis di pusat seni dan budaya ini lebih baik datang langsung ke tempatnya untuk tanya-tanya.

TÖMER (Turkish and Foreign Languages Research and Application Center)

Salah satu yang cukup populer di Turki, yaitu TÖMER. Biasanya palajar-pelajar Indonesia mengambil kelas TÖMER setahun dulu sebelum masuk ke universitas. Merujuk pada http://studyinturkey.com/content/sub/learn_turkish_in_turkey_at_tomer_centres_with_student_visa_and_transfer_to_turkish_state_universities.aspx, TÖMER ini ada di beberapa kota di Turki. Di Istanbul ada di Taksim atau Kadikoy, Ankara ada di Kızılay atau Yenisehir, di İzmir, Antalya, Adana, Alanya, Bursa, Samsun, Trabzon juga di Marmaris. Kursus bahasa Turki di TÖMER ini sifatnya berbayar, kecuali bagi para pelajar yang memang dapat beasiswa atau yang dapat sponsor dari pihak yang bersedia menanggung..

Selain pelajar, TÖMER juga terbuka untuk umum. Teman-teman yang bekerja di Turki, atau gelin-gelin Turki bisa juga ikut kursus ini. Biayanya bervariasi, tergantung pihak penyedia, berapa jam pertemuan dan juga level yang diambil. 

Sebagai contoh kursus bahasa turki untuk orang asing di universitas-universitas negeri di Turki rata-rata sama. Marmara TÖMER (Marmara University) rata-rata dari A1, A2, B1 sampai B2 sekitar 1.500tl/level. Kalau sampai B2 berarti empat level kalikan saja 1500tl. Kalau ambil paket sampe C1++ sekitar 7.500tl. (sumber: https://ydil.marmara.edu.tr/en/turkish-courses-for-foreigners/). Di TÖMER Yıldız Technical University (YTU) rata-rata per level juga 1.500tl (sumber:http://www.tomer.yildiz.edu.tr/86-turkce-kurslari.html).

 

Nah itu tadi tiga alternatif kursus Bahasa Turki di Istanbul yang paling banyak peminatnya. ISMEK dan TÖMER, dua ini terutama yang banyak diikuti orang-orang Indonesia di Istanbul. Untuk TÖMER nggak perlu diragukan lagi, ISMEK pun banyak membantu sekali. Bagus lagi sih kalau rajin belajar sendiri... #eh :DDD