Sekolah, mall, dan banyak tempat umum masih tutup. Market tetap buka setiap hari, kecuali kalau ada kebijakan lockdown di akhir pekan. Saat lockdown akhir pekan pun, penjual roti dapat izin keliling menggunakan mobil dari jalan ke jalan untuk mendukung supply makanan penduduk tanpa harus bingung keluar mencari. Selain itu, beberapa penyedia jasa makanan juga masih melayani order delivery. Bisa dibilang lockdown di sini tidak seketat dan semenakutkan yang dipikirkan.

Kabar baiknya, penyebaran virus sudah menurun drastis. Kebijakan karantina wilayah juga sudah berakhir di beberapa kota. Per setiap harinya puluhan ribu tes, 1.000an kasus positif (turun ribuan dari bulan kemarin). Kurva Turki sudah mulai melandai turun, diharapkan Juni (semoga) segala aktivitas sudah mulai normal kembali. Aamiin.

Mulai besok 11 Mei 2020 usaha salon, tukang cukur dan pusat perbelanjaan (mall) akan mulai dibuka kembali tapi social distancing masih tetap berlaku. Masyarakat sudah banyak yang stres terkurung lama di rumah. Di hari biasa jalanan sudah ramai bahkan macet tiap saat. Perlahan tapi pasti, semoga semua lekas membaik.