Jika bepergian mandiri tanpa ada yang mengantar dan menjemput dari pihak travel, ada beberapa alternatif transportasi dari dan atau ke bandara Istanbul. Apa saja? Ada taksi dan bus. Berikut kisaran ongkos naik taksi dari Istanbul New Airport:

Biaya naik taksi memang sangat mahal dan tidak begitu direkomendasikan kecuali memang memiliki budget berlebih. Untuk menghemat pengeluaran, ada alternatif lainnya. Pengoperasian dua bus yaitu HAVAIST dan IETT (otobusnya Kota Istanbul) bisa menjadi andalan. Keduanya memiliki rute dan jadwal keberangkatan yang bisa dicek di sini (havaist) dan di sini (iett otobus) juga aplikasi berguna Mobiett Istanbul yang bisa didownload di playstore.

BAGAIMANA CARA BELI TIKETNYA?

DARI BANDARA KE PUSAT ISTANBUL

Turun ke lantai -2 *cmiiw New Airport Istanbul dengan lift/escalator, disitulah letak area publik transport bis juga taksi. Sistemnya kartu, jadi teman-teman bisa membeli Istanbulkart (kartu transportasi Istanbul) yang bisa di top-up kapan saja di mesin-mesin yang tersedia (biletmatik machines) atau beli di Havaist tiket konter di sana.

Kami merekomendasikan untuk membeli Istanbulkart karena bisa dipakai selama kita berada di Istanbul untuk semua transportasi umum, kalau habis bisa di top-up lagi (diisi ulang lagi di mesin-mesin atau di warung yang menyediakan jasa top-up Istanbulkart/akbil).

Setelah membeli, cari di papan tulisan daerah mana yang akan kita tuju, misalnya tujuan ke Sultan Ahmet, Taksim, Beşiktaş, Mecidiyeköy, Halkali, Otogar (terminal), dan lain-lain. Cari busnya, lihat waktu keberangkatan, kalau belum ada tunggu dulu saja mungkin bus belum datang.

DARI PUSAT ISTANBUL KE BANDARA

Datang ke halte atau stasiun bis sesuai rute dan jam keberangkatan. Sebelumnya pastikan cek dulu jangan terlalu mepet dengan waktu check in maskapai (meskipun sudah check-in online) untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya kemacetan atau keterlambatan. Waktu tempuh biasanya antara 1-2 jam tergantung jarak dan juga kemacetan. Dengan akbil (nama lain dari Istanbulkart), naik IETT otobus dikenakan biaya sekitar 5tl sekali press atau 16-18tl sekali press dengan havaist.

Apa itu IETT otobus dan Havaist shuttles?

IETT otobus

IETT otobus ini seperti bus kotanya Istanbul pada umumnya tapi ada yang ini khusus melayani rute ke bandara. Dari segi harga, IETT lebih murah karena harganya sekitar tiga kali lebih murah dibanding havaist. Namun meskipun murah, tempat tujuan yang ditawarkan IETT lebih sedikit, tidak sebanyak havaist, sehingga kalau ingin sampai tempat di luar tujuan harus ganti bus.

IETT menyediakan layanan menuju Halkalı, Mahmutbey, Mecidiyeköy, Bandara Atatürk, Mescid-i Selam dan Terminal Bus Alibeyköy. (sumber: https://www.istairport.com/en/passenger/transport/public-transport).

Di luar wilayah yang sudah disebutkan di atas, perlu ganti bus lagi untuk lanjut ke tempat tujuan utama.

Info selengkapnya untuk IETT Shuttles kunjungi link IETT ini.

Havaist

Havaist memang bus khusus dan utama untuk melayani perjalanan dari dan ke bandara baru. Bus satu ini melayani banyak rute, sekitar 40an tujuan di Istanbul alias lebih komplit dari pada IETT otobus. Harganya lebih mahal, namun untuk kenyamanan, havaist lebih nyaman terutama bagi yang membawa banyak koper dan barang bawaan karena bisa ditaruh ke dalam bagasi. Selain itu, untuk keadaan yang sangat mendesak semisal hampir ketinggalan bus, pembayaran havaist juga bisa dilakukan di dalam bus menggunakan kartu debit atau kredit.

Untuk lebih lengkapnya Havaist Shuttles kunjungi link havaist ini.

 

BAGAIMANA UNTUK KELUAR KOTA?

Istanbul Seyahat melayani rute langsung keluar kota yaitu ke Çorlu-Tekirdağ (masih Turki bagian Eropa). Kunjungi link Istanbul Seyahat ini untuk informasi selengkapnya.

Untuk ke kota lainnya bagaimana? Misalnya ambil contoh satu untuk ke Kota Bursa, kita bisa memilih dari bandara ke Esenler Otogar (Terminal Esenler), lalu naik bus antarkota dari sana. Atau cara lainnya yaitu dari bandara kita menuju Yenikapı lalu naik IDO kapal feribot atau BUDO kapal feribot menuju Bursa. Untuk kota-kota lain tinggal menyesuaikan mana yang lebih lebih cocok, efektif, dan memungkinkan. Have a nice trip!