Tag: indonesia turki

26 Agustus 2021

PENGALAMAN VAKSIN DI TURKI

Akhirnyaaaa memutuskan sharing cerita. Setelah hampir sebulan vaksinasi dosis kedua. Jadi di Turki itu ada dua jenis vaksin yang bisa dipilih, yaitu Sinovac (China) dan Pfizer-BioNTech (Jerman). Pemerintah Turki mengkampanyekan vaksinasi besar-besaran dan memberi kebebasan masyarakatnya memilih satu dari dua vaksin tadi.Menjelang akhir Juni, saya ambil jadwal vaksinasi dosis pertama. Dalam sistemnya, kami bebas memilih rumah sakit yang tersedia dan jenis vaksinnya. Setelah kegalauan mau […]

3 Juni 2018

TIPS BERBURU TIKET KE TURKI

Banyak jalan menuju ke Turki! Eh maaf pepatahnya dipinjem dulu.  Mau liburan ke negeri transbenua ini dan ngurus semuanya sendiri tanpa travel agensi? Bisaaaa banget!!! Gimana cara ngurusnya? Gampang kok kalo paspor udah ditangan, niat, mantep hati, dana ok dan mau usaha, semua bakalan lancaaarrrr…. ´´Tiketnya? Pasti mahal ya?´´ Heuheu… kalo ini mah untung-untungan. Sebenernya mahal enggak harga tiket tiap orang kan relatif, cuma biasanya standar […]

17 Mei 2018

CARA KAMI MENGATASI BOSAN

Dua insan yang terhalang… lalu muncul rasa bosan.   Dalam suatu keadaan, pasti lumrah (wajar) saja merasa bosan. Apalagi melihat kenyataan bahwa keduanya tengah berjuang. Banyak sekali halangan di depan, banyak pula yang menyerah atau gagal. Kembali lagi, itu pilihan. Memperjuangkan kebersamaan, butuh proses, tidak instant. Kadang terpikir capek juga karena tantangan dan gangguan lebih besar. Sayang sekali kalo berhenti di jalan, belum sampe tujuan. […]

24 Februari 2018

PERSOALAN LIDAH

*kembali ke belakang* /ini tulisan kapan ya/ Beda negara, beda budaya. Beda rasa, beda selera. Ada beberapa temen sharing cerita kunjungan. Setelah ketemu nggak hanya masalah bahasa, tambah satu lagi yaitu bentrok urusan lidah. Yang sini maunya makan nasi, yang sana nggak bisa terus-terusan nasi lagi nasi lagi. Pilihan terbaik bagi mereka tentu makanan cepat saji tiap hari. Wadeh mblengger rek. Mungkin kalo ngalamin sendiri […]

16 Januari 2018

TURKI DI MATA ORANG INDONESIA. APA YANG ORANG INDONESIA TAU TENTANG TURKI?

Tulisan ini lanjutan dari yang sebelumnya, bisa dibaca disini yaitu tentang Indonesia di mata orang Turki secara umum. Kali ini sebaliknya, anggapan umum orang Indonesia terhadap orang Turki itu seperti apa sih ?  TURKI NEGARA MAYORITAS MUSLIM Mayoritas penduduk Turki adalah muslim. Namun mayoritas tidak berarti semua. Penduduk dengan kepercayaan lain, Kristen, Katholik, Yahudi hingga Atheis juga tetap hidup berdampingan bersama.    TURKI NEGARA ISLAM SAMA […]

9 Januari 2018

VISA TURKI NGGAK PAKE RIBET

Mau ke Turki bingung bagaimana membuat visa? Sebenarnya banyak artikel maupun blog yang sudah pernah membahas tentang visa ke Turki. Tapi dalam kesehariannya, masih banyak pertanyaan baik di online maupun japri. Untuk berwisata ke Turki, sekedar berkunjung sebentar, ada urusan singkat atau keperluan lain, terdapat dua opsi untuk mendapatkan visa ini (visa turis) bagi pemegang paspor Indonesia. Pertama adalah VoA (visa on arrival) yang mana […]

8 Januari 2018

INDONESIA DI MATA ORANG TURKI. APA YANG ORANG TURKI TAU TENTANG INDONESIA?

Banyak orang Indonesia yang suka negara Turki. Lalu bagaimana Indonesia -secara umum- di kenal orang Turki? Dari pengalaman pribadi dan cerita segelintir orang (baik Turki maupun Indonesia), ada beberapa  yang diketahui OT tentang Indonesia pada umumnya : – Orang Turki (OT) tau Indonesia karena terkenal negara mayoritas muslim terbesar, apalagi namanya cukup santer di musim haji. Pernah diceritain sama orang sana yang pas waktu haji […]

14 Desember 2017

DRAMA KETINGGALAN PESAWAT

Berbagi cerita pengalaman dari salah seorang terdekat ane. Memang sih, bukan pengalaman pribadi namun ikut kena efek drama ketinggalan pesawat yang rasanya super duper susah dijelaskan. Sore itu.. Tamu kami yang sudah beberapa hari berkunjung ke Indonesia ini bersiap pulang. Beberapa anggota keluarga hendak ikut mengantar ke bandara. Sayang sekali, perhitungan waktu kami meleset yang bisa dibilang berakibat fatal. Hari minggu adalah hari yang amat […]

23 Maret 2017

THE BEAUTIFUL CITY OF ÇANAKKALE

Çanakkale. Awal mendengar namanya, cukup unik di telinga. Provinsi yang berada di bagian barat laut Turki ini memang menarik untuk dijelajahi. Çanakkale terkenal akan produksi tomatnya, juga beberapa pabrik seperti pabrik sarden dan keramik. Tidak kalah dengan pesona kota besar lain, kota ini menyimpan beribu cerita dan sejarah yang kental terutama bagi para penduduknya. Ya, Çanakkale… kota yang juga berada di antara dua benua, sebagian […]

22 April 2016

KAPAN DATANG ?

  Waktu mengalir bagai air. Lembaran hari silih berganti. Berkata pada hati untuk bersabar. Menunggu waktu tak kunjung datang. Bulan-bulan berlalu terlampaui. Kini hamparan lautan yang harus diseberangi. Rentetan doa dan harapan terus dipanjatkan. Semoga kelak jalan terbuka lebar.     Kabar datang hampir setiap hari. Singkat waktu pun sungguh melegakan. Cerita menenangkan atau mengharukan. Pun kesedihan terkadang datang. Rencana-rencana dahulu terus diusahakan. Hingga kini […]