Tag: indonesia-turki

26 Agustus 2021

PENGALAMAN VAKSIN DI TURKI

Akhirnyaaaa memutuskan sharing cerita. Setelah hampir sebulan vaksinasi dosis kedua. Jadi di Turki itu ada dua jenis vaksin yang bisa dipilih, yaitu Sinovac (China) dan Pfizer-BioNTech (Jerman). Pemerintah Turki mengkampanyekan vaksinasi besar-besaran dan memberi kebebasan masyarakatnya memilih satu dari dua vaksin tadi.Menjelang akhir Juni, saya ambil jadwal vaksinasi dosis pertama. Dalam sistemnya, kami bebas memilih rumah sakit yang tersedia dan jenis vaksinnya. Setelah kegalauan mau […]

26 Oktober 2017

DEMAM MARTABAK MANIS

Kedatangan mamang ke Indonesia dengan misi kuliner kaki lima meninggalkan cerita yang terus diingat. Sebagai salah seorang penonton setia video-video matkiding, doi benar-benar tergugah untuk mencoba beberapa makanan yang pernah ia tonton sebelumnya. Sate, telor gulung, martabak, dan masih banyak lainnya sudah masuk ke dalam list yang telah dicoret satu-per satu. Daaaannn martabak manis adalah salah satu makanan yang menjadi pilihan! Kunjungan singkatnya tidak lupa […]

23 Oktober 2017

SERBA-SERBI MAKANAN TURKI

Sebenarnya banyak makanan turki yang sudah cukup familiar namanya di telinga masyarakat Indonesia dan sebagian dapat ditemukan di sekitar kita. Ada beberapa outlet yang menjajal peruntungan menjual makanan ala Turki namun rasanya disesuaikan dengan lidah nusantara. Lalu, apa saja makanan khas dari negeri Turki?   1.      Kebab Kebab (di turki kebap) adalah makanan utama dari daging yang biasa dipanggang menggunakan tusukan batang besi panjang dan […]

24 April 2017

Kısır

Hari minggu. Kami baru saja pulang dari Pazar+warung yang kurang lebih ditempuh 20 menitan dari rumah baba anne. Setiap hari minggu, pasar kaget sering dijumpai dijalanan. Semua kebutuhan tumpah ruah ada, sebut saja sayur mayur, buah segar, baju-baju, aksesoris, juga snack. Kami membeli beberapa jenis sayuran dan buah. Sesampainya di rumah…  Anne mengajariku membuat kısır untuk makan siang. Pikirku Alhamdulillah asal ada ‘unsur’ nasinya :’’) Bulgur, […]

10 April 2017

Menemen

—“Eh sudah sering kamu lihat aku masak menemen walaupun dari layar, kamu ngga mau coba buat sekarang?”. Aih iya sih sebelumnya aku pernah membuat sekali saja, cuma rasanya benar-benar ancur. Lalu anne menyuruhku memasak untuk brunch waktu itu.—     Sebenarnya, sarapan adalah hal yang harus dilakukan di sini. Semua anggota keluarga berkumpul saat sarapan alias wajib meninggalkan kegiatan apapun untuk makan bersama. Tapi karena […]

15 September 2015

(Sebelum) Wajib Militer Turki : Tiba Waktunya 1,5 Bulan yang Akan Datang

  Wajib militer. Periode dalam setahun sebenarnya bisa di bulan Mei, Agustus, atau November. Setelah kemarin ngecek langsung gimana hasil semacam tes kesehatan akhirnya November yeps November :’( Sebenernya keinginan ikut wajib militer yang dari Mei, tapi apa daya Juni dia mutusin buat ke Indonesia dulu. Sebenernya masih bisa tahun depan juga. Tapi yaaaah katanya jadi beban kalo nggak sesegera mungkin. Dan akhirnya November. Hoho […]

13 Agustus 2015

Karakter Cowok Turki?

Mungkin dulu awalnya sempet bingung gimana sih cowok Turki itu? Di sini jarang ketemu langsung. Sekali ketemu bule yang lagi liburan di sini eh Belanda, Jerman, Australia nggak pernah nemu alias jaraaang yang dari yang dari Turki. Pertama tau Turki cuma sebatas letaknya, benderanya, juga satu dua pemain sepakbola dari sana. Setelah cari cari tahu beeehhh itu negara eksotis banget ya.. Dulu temen Turki sempet […]

17 Mei 2015

TURKI… SATU NEGERI DUA BENUA

Jatuh cinta sama negeri satu ini, seperti negara keduaku. Konon katanya negeri antah berantah yang nggak jelas di Asia atau Eropa. Yang dulu dikenal karena “Ottoman”. Tidak dipungkiri sekarang memang terkikis oleh sekulerisme yang menjadi-jadi juga hedonisme trend saat ini. Ambisi masuk Uni Eropa yang belum direstui dengan berbagai sebab musebab. Muslimlah mayoritasnya, namun banyak sekali terjegal dengan segelintir kenikmatan dunia yang membuat mereka lupa diri […]