Kategori: Kuliner dan Resep

18 April 2019

SUDAH ADA SEJAK LEBIH DARI 100 TAHUN YANG LALU, SANDWICH KEPALA DOMBA MUAMMER USTA INI MELEGENDA (Kelle Söğüş Muammer Usta di Beyoğlu)

Sebenarnya sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kebanyakan orang Turki tidak suka makanan ‘ekstrim’ terlebih yang berasal dari organ-organ hewan yang dirasa tidak wajar. Jika di Indonesia sudah lumrah makan olahan organ hewan dari atas (kepala) sampai bawah (kaki), di Turki tidak banyak orang yang bisa makan, seperti bagian hati atau empedu, usus, kepala, ceker/kaki ayam, bahkan kulit. Padahal di negara kita, mungkin banyak masyarakat […]

9 April 2018

OT MAKAN KERUPUK

Akhir maret, 2018 Nulis sehabis manjat +800 percakapan di salah satu grup yang malam itu rame sekali. Saking ramenya enak banget baca satu per satu sampe nggak nyangka sejam lebih bacanya, berasa baca novel heuheu.   Topik yang dibahas macem-macem juga. Hmmm karena masih males nulis yang satunya -iykwim- jadi nulis di blog ini aja deh wkwk. Salah satu bahasan di grup adalah tentang kerupuk. […]

20 November 2017

NUSRET SALTBAE

Kalian pernah lihat meme saltbae? #saltbae sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu berkat seorang tukang daging sekaligus koki dari Turki bernama Nusret Gökçe dengan gayanya menabur garam yang cukup nyentrik. Gökçe terbilang seorang pemilik restoran steak yang namanya melambung karena usaha kerasnya dari yang bukan apa-apa menjadi ‘juragan’ daging. Restoran itu terkenal dengan nama Nusr-Et Steak House. Sampai saat ini, beberapa restorannya telah […]

26 Oktober 2017

DEMAM MARTABAK MANIS

Kedatangan mamang ke Indonesia dengan misi kuliner kaki lima meninggalkan cerita yang terus diingat. Sebagai salah seorang penonton setia video-video matkiding, doi benar-benar tergugah untuk mencoba beberapa makanan yang pernah ia tonton sebelumnya. Sate, telor gulung, martabak, dan masih banyak lainnya sudah masuk ke dalam list yang telah dicoret satu-per satu. Daaaannn martabak manis adalah salah satu makanan yang menjadi pilihan! Kunjungan singkatnya tidak lupa […]

23 Oktober 2017

SERBA-SERBI MAKANAN TURKI

Sebenarnya banyak makanan turki yang sudah cukup familiar namanya di telinga masyarakat Indonesia dan sebagian dapat ditemukan di sekitar kita. Ada beberapa outlet yang menjajal peruntungan menjual makanan ala Turki namun rasanya disesuaikan dengan lidah nusantara. Lalu, apa saja makanan khas dari negeri Turki?   1.      Kebab Kebab (di turki kebap) adalah makanan utama dari daging yang biasa dipanggang menggunakan tusukan batang besi panjang dan […]

24 April 2017

Kısır

Hari minggu. Kami baru saja pulang dari Pazar+warung yang kurang lebih ditempuh 20 menitan dari rumah baba anne. Setiap hari minggu, pasar kaget sering dijumpai dijalanan. Semua kebutuhan tumpah ruah ada, sebut saja sayur mayur, buah segar, baju-baju, aksesoris, juga snack. Kami membeli beberapa jenis sayuran dan buah. Sesampainya di rumah…  Anne mengajariku membuat kısır untuk makan siang. Pikirku Alhamdulillah asal ada ‘unsur’ nasinya :’’) Bulgur, […]

10 April 2017

Menemen

—“Eh sudah sering kamu lihat aku masak menemen walaupun dari layar, kamu ngga mau coba buat sekarang?”. Aih iya sih sebelumnya aku pernah membuat sekali saja, cuma rasanya benar-benar ancur. Lalu anne menyuruhku memasak untuk brunch waktu itu.—     Sebenarnya, sarapan adalah hal yang harus dilakukan di sini. Semua anggota keluarga berkumpul saat sarapan alias wajib meninggalkan kegiatan apapun untuk makan bersama. Tapi karena […]

6 November 2015

Telur+Daun Mlinjo (Endhok So)

Hampir-hampir memasuki musim hujan.. Ada yang bilang ahh di sana udah hujan di sana udah tapi kok nggak sampai-sampai ke rumah. Itu hujan atau baru isu xD yah habis nggak hujan-hujan padahal banyak yg ngomong udah hujan 😛   Nah tapi akhir-akhir ini cuaca yang panas nggak ketulungan dibantu sedikit mendung walau tetep nggak hujan.. eh belum.   Nah udah hampir musim hujan! (hujan lagi […]

31 Agustus 2015

APA ARTI SEBUAH DONAT

Donat. Bagi ‘penggila’ donat mungkin tidak segan-segan mengeluarkan uang demi sebuah kue bulat lubang tengah ini. Kalo kita ngomongin donat, pasti sebagian orang bilang ‘ah JCO.. donat jco’. Namun bagi saya yang paspasan ini kok rasanya sayang beli donat mahal-mahal. Emang sih enak tapiiiii ya taulah jangankan buat beli jco, mending buat beli penyetan yang bisa bener-bener kenyang xDDDD dasar otak mahasiswa krisis. Lalu donat? […]