Kalo kita ngomongin donat, pasti sebagian orang bilang ‘ah JCO.. donat jco’. Namun bagi saya yang paspasan ini kok rasanya sayang beli donat mahal-mahal. Emang sih enak tapiiiii ya taulah jangankan buat beli jco, mending buat beli penyetan yang bisa bener-bener kenyang xDDDD dasar otak mahasiswa krisis.

Lalu donat? Ah kenapa nggak pizza hut aja. Heaaa menurut lidah desa ane sih prefer donat ketimbang pizza :P entahlah tapi gitu. Apalagi donat kentang gula putih. Waduuuhhhhhhhh bela-belain beli di pasar Beringharjo ampe habis segala -_-
Nah kemaren-kemaren sih pengen banget ama itu donat eitts tapi gaada bingung nyari dimana. Sekedar cari-cari eh kepikiran kenapa nggak nyoba buat entah rasanya gimana. Akhirnya memutuskan ‘ah besok buat donat sendiri deh’. Pertama dan terakhir buat donat itu jaman SD waktu itu kelompokan dan udah lupa gimana rasanya. Nah 28 Agustus dimulailah percobaan buat donat (tanpa kentang) setelah susah payah cari bahan-bahannya kayak pengembang (eh ternyata di Mirota banyak :/)..
 
Jadi bagaimana membuat donat super sederhana? Nah
Bahan :
- 2 buah telor
-air segelas kecil aja
-mentega sekitar 5 sendok (boleh lebih)
-gandum seperempat sampai setengah kilo (ini aja udah jadi banyak buangeet)
-garam secukupnya (1sdt cukup)
-gula secukupnya (lebih dr 5 sendok sih biar ada rasa manis)
- pengembang adonan (kalo aku pake fermipan)
- susu bubuk coklat 4-5 sdm
- meses atau coklat untuk toping
 
 
Cara membuat :
  1. Kocok telur dalam baskom, campurkan gula, garam, susu bubuk. Masukkan tepung gandum dan mentega lalu campur haluskan. 
    campuuurrr
     
  2. Larutkan fermipan dalam air gelas sampai larut (tunggu beberapa menit), tuang ke dalam adonan pada nomer satu.
  3. Setelah fermipan dan adonan tercampur, ratakan semua sampai elastis benar-benar tercampur. 
     
  4. Biarkan adonan, tunggu +-20 menit hingga adonan mengembang
    Tunggu adonan mengembang
     
    mengembang, sebaiknya pake baskom yg memadai
  5. Tuang adonan ke dalam nampan yang sudah ditaburi gandum, kita buat adonan sedikit padat untuk mudah dibentuk sesuai keinginan kita. Setelah itu bentuk adonan menggunakan tangan atau cetakan (kalo punya) wekekeee
    tabur gandum dulu
    ojo lali diuleni :P
     
  6. Biarkan dulu sebentar. Adonan akan mengembang (lagi) sedikit setelah kita bentuk. 
    bentuknya yg rapi ya jangan kayak begono wkwk
     
  7. Panaskan minyak goreng lalu goreng dengan api kecil.
  8. Setelah dingin, beri meses atau coklat atau apapunlah buat toping. Jadi :D
     
     Selamat mencoba :)