Apa itu Free Singapore Tour (FST)?

Salah satu fasilitas yang ditawarkan Bandara Changi Singapore berupa tur keliling kota GRATIS untuk penumpang yang transit lama. Sama seperti Doha City Tour.

Transit lama berapa jam?

Minim 5,5 jam (Heritage Tour ) atau 6 jam (City Sights Tour). Fasilitas FST ini mulai dari jam 08.00-22.00 waktu Singapura.

Bagaimana cara mendaftarnya?

Datang saja ke stan pendaftaran ada di Terminal 2 (dekat Transfer Lounge F) dan Terminal 3 (Transfer lounge A).

Tunjukkan paspor, tiket/boarding pass keberangkatan, isi blangko. Nanti diberi stiker peserta City Tour. Pendaftaran ditutup satu jam sebelum tur dimulai.

Note: yang membawa tas/bagasi besar bisa dititipkan di sana.

Setelah itu?

Setengah jam sebelum tur dimulai, pendaftar diminta sudah berkumpul. Meskipun tur gratis dari pihak Changi Airport, namun tetap harus melewati imigrasi.

Keliling kemana saja?

Tergantung. FST mengelilingi jalanan Kota Singapura menggunakan bus, namun hanya berhenti di beberapa tempat.

Untuk Heritage Tour ke Merlion, Little India, Kampong Glam, The Colonial District, Central Business District.

Untuk City Sights Tour ke Merlion, Singapore Flyer, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay.

Dari tempat-tempat di atas tidak berhenti semua, beberapa hanya melewati saja. Dikarenakan keterbatasan waktu tur yang kurang lebih 2,5 jam saja, waktu yang diberikan sekali berhenti untuk mengeksplore hanya sekitar 30-45menit. Kembali lagi ini tergantung apa kata pemandunya.

Untuk waktu yang sudah ditentukan, peserta tur harus sudah berkumpul di meeting point. Jangan sampai terlambat!. Resiko keterlambatan adalah ditinggal bus yang artinya kembali ke Bandara Changi modal sendiri wkwk.

Note : ketika keliling kota, di dalam bus tidak diperkenankan makan dan minum. Kalo mau minum, dijual air mineral di dalam bus seharga 1 Dolar Singapura (lebih murah dari harga pasaran di luar). Kalo saya lebih milih sabar minum air kran di bandara saja, sayang dolar… maklum sobat misqueen wkwk

Kenapa kok pilih ikut FST, padahal kan bisa keliling Singapore sendiri?

Iya, untuk WNI ke Singapore (dan Negara ASEAN lainnya) memang bebas visa. Tapi kembali lagi ke azas pengiritan hehe. Jalan sendiri modal sendiri. Kalo ada yang gratis kenapa pilih yang berbayar? Wkwk. Sayang di dolar wkwk. Namanya juga ikut tur untuk penghiburan semata, membunuh kebosanan, menambah pengalaman. Kalau keliling sendiri harus nambah budget yang tidak direncanakan.