Akibat tragedi ban bocor beberapa waktu lalu, baru tau juga sih kalo ke Pantai Parangtritis bisa dicoba pake cara lain -nggak pake kendaraan pribadi- apalagi rame-rame bareng temen.

Jadi, kemaren pas nambal ban, bapaknya punya gowes yang sehari-harinya disewakan buat keliling kampung atau bahkan keliling sampai ke Pantai Parangtritis.

Sebelumnya, gowes itu apa sih ? ini nih penampakannya :

(becak gowes pencarian di google images)

Nah, gowes atau becak gowes, sepeda tandem, kereta hias, kereta lampu, kereta odong-odong, atau apapun sebutannya itu seperti yang ada di Alun-Alun Selatan Jogja. Bedanya, kalo yang di Alkid (Alun-Alun Kidul) dihiasi penuh lampu warna-warni kalo yang ini polosan. Bedanya lagi tentang harga, kalo di Alkid  sekitar 50 ribu seputaran, kalo ini disewakan 10 ribu per jam. Lumayan kannnnn… misal pergi ke Parangtritis sama temen berempat sewa gowes tiga jam cuma 30.000, kan bisa patungan satu orang 7500. Yang pasti sih beda dari yang lain, lebih rame dan bakalan berkesan pokoknya!

Gimana kalo mau sewa gowes buat ke Pantai Parangtritis?

Kalo temen-temen dari utara sampai di Pertigaan Kretek (Jalan Parangtritis km 22), belok ke barat (kanan), lalu nemu plang tulisan SMP Unggulan Muhammadiyah Kretek dan SMK Muhammadiyah Kretek di kiri jalan, kalian belok kiri aja (belok selatan) lurusss terus ntar kanan jalan ada bengkel di rumah. Nah sewa di situ. Alamatnya di Dusun Tegalsari RT 47. Saben harinya gowes disewa nggak mesti, yang jelas kalo weekend biasanya cepet-cepetan aja soalnya kadang ngantri…

Kata bapaknya, sewa gowes lebih enak kalo pagi, jadi masih lumayan sepi, udara seger juga yang jelas nyaman. Oh iya kendaraan kita gimana? ya mesti ditinggal di rumah bapaknya ntar diambil pas balikin gowes tadi.

Selamat mencoba teman-teman!