Kalian pernah lihat meme saltbae?

#saltbae sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu berkat seorang tukang daging sekaligus koki dari Turki bernama Nusret Gökçe dengan gayanya menabur garam yang cukup nyentrik. Gökçe terbilang seorang pemilik restoran steak yang namanya melambung karena usaha kerasnya dari yang bukan apa-apa menjadi ‘juragan’ daging. Restoran itu terkenal dengan nama Nusr-Et Steak House. Sampai saat ini, beberapa restorannya telah tersebar di beberapa tempat, baik di Turki maupun di luar Turki. Di Turki sendiri, Nusr-Et Steak House dapat ditemukan di Etiler Istanbul, Ankara Kavaklidere, D-Hotel Marmaris, dan Bodrum Yakilavak Palmarina, sedangkan Resto di luar negeri dapat dijumpai di Dubai, Abu Dhabi, dan Miami.

Lelaki Turki kelahiran Erzurum tersebut pada awalnya meniti bisnis dari nol. Berasal dari keluarga yang biasa saja, Nusret Gökçe kecil putus sekolah karena faktor ekonomi. Ia kemudian  memutuskan ke Argentina dan Amerika untuk belajar style mengolah daging. Sepulangnya ke Turki, Nusret bersama seorang temannya membuat restoran, lalu berkembang menjadi restoran yang lebih baik berkat pengalamannya. Awalnya restoran miliknya sendiri hanya terkenal di kalangan orang kaya –berada- namun berkat viralnya di internet, semua orang dari berbagai kalangan menjadi pelanggan tetap. Sekarang Nusret Gökçe bukan saja seorang koki melainkan pemilik restoran ‘wah’ di kalangan masyarakat elit. Beberapa pelanggannya bahkan rela menempuh perjalanan jauh untuk mencicipi menu Nusret Restoran terutama menu andalan Ottoman Steak. Nama-nama besar dunia seperti pesepakbola Robin Van Persie, Karim Benzema dan Mesut Oezil bahkan terlihat dalam beberapa foto sebagai pelanggan yang cukup dekat dengan pemilik nusr-et Steak House itu.

 

KENAPA VIRAL?

 

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, kisah hidup Nusret sangatlah inspiratif. Meniti langkah hidup dari masa sulit menjadi sekarang yang serba ada, dirinya berhasil menunjukkan dihadapan orang bahwa masa lalu pahit tak selalu berlanjut. Banyak orang yang memandang kesuksesannya saat ini tanpa melihat bagaimana proses jatuh bangun, kegagalan, cemoohan, kerasnya hidup dan keberuntungan yang kurang berpihak padanya

Selain itu, jika kita amati dengan teliti, kepribadian Nusret amatlah santai dan sederhana. Meskipun sekarang menjadi milyuner, tampak pakaian yang dipakai tak lepas dari warna standar hitam-putih. Hampir semua penampilannya mengenakan jas, hem panjang, hingga kaos dari perpaduan dua warna tersebut. Bukan rahasia umum biasanya banyak orang kaya justru memilih gaya hidup yang bersahaja, seperti pengusaha Bob Sadino atau pemilik facebook Mark Zuckerberg. Tidak hanya itu, Nusret yang mana seorang  bos dan punya banyak karyawan tidak jarang tampak terjun langsung melayani pembeli. Tidak jarang juga ia menerima permintaan foto dari para pelanggan.

Hal terakhir yang membuatnya menjadi unik adalah ‘atraksi’ memotong daging serta cara menaburkan garam menjadi identik dengan style Nusret. Nyentrik memang!