Banyak banget mungkin bayangan mau gimana nanti kalo datang, dari mulai hal kecil ke yang kompleks. Jadi, apa aja hal yang perlu diperhatikan?

Menurut pengalaman pribadi sih ada banyak banget hal penting dan kurang penting yang perlu disiapkan. Diantara semuanya, ada beberapa hal pokok yang harus dipersiapkan terlebih dulu.

  1. enlightenedItinerary

Rencana perjalanan ini adalah hal paling penting buat mereka, bisa dibilang motor penggerak terlaksananya atau tidak, lancar atau tidak, sukses atau tidak. Termasuk penting juga buat kita. Rencana perjalanan ini dimulai dari dia berangkat-terbang-tiba di Indonesia (kota tujuan). Nah perlu banget kita tahu jadwal penerbangan yang bersangkutan (flight detail), buat ngecek di flightradar, apalagi kalo kita juga mau jemput ke bandara.

Selain itu, jangan lupa juga buat perencanaan hal apa saja yang mau dilakukan di Indonesia. Jadi, nanti pas hari kedatangan, kita nggak perlu lagi mikir panjang, cuma tinggal buka daftar kegiatan. Kalo perlu buat juga list agenda cadangan karena kadang apa yang udah direncanakan bisa meleset di luar perkiraan.

  1. enlightenedPenginapan

Ini dia termasuk salah satu juga yang penting dipertimbangkan. Besok mau tinggal di mana ya? Apa perlu menyewa penginapan atau bisa menginap di rumah ?

Kalo menginap di hotel, ada baiknya dibicarakan kedua belah pihak. Lihat dari segi lokasi maupun harga (mau sewa berapa malam), juga pertimbangan lainnya. Menginap di rumah pun perlu disiapkan kamar mana yang akan digunakan, izin juga seperti lapor RT/RW.

  1. enlightenedMakanan  

Nah yang satu ini yang paling banyak dipertanyakan. Takut bentrok di lidah yang ujung-ujungnya malah si tamu kita sakit. Apalagi pas pertama kali ketemu (first meet) nggak lucu kalo malah sakit. Ada beberapa temen yang dulu sempat cerita juga. Jadi, untuk makanan ini selera OT dengan lainnya nggak bisa disamakan.

Kalo mau cari aman, siapkan aja makanan umum untuk mereka, misanya roti. Oh iya OT gemar makan sayuran juga, biasa untuk salad, kita sediain tomat, timun, selada, dsb. Makanan dasar yang bisa mereka makan juga ada kentang, telor, daging ayam.  Itu kalo mau cari aman.

Tapi masak sih jauh-jauh ke Indonesia makannya gitu aja, yang biasa ada di sana. Nggak mau coba makanan Indonesia?

Nah si OT juga bisa kita coba kasih makan makanan Indonesia. Kalo pengalaman saya justru jamuan utama harus makanan Indonesia supaya mengenal, kan jarang-jarang juga mereka berkunjung. Makanan Indonesia ada bakso, mie ayam, gado-gado, soto, lontong opor, bakmi jawa, nasi goreng, ayam geprek, sampe ke jajanan pasar tradisional. Minumannya misal es the, es jeruk, es tape, es kelapa muda, sekoteng, es buah, dll. Alhamdulillah tamu saya nggak pilih-pilih makanan. mau enak atau nggak, tetep dia makan. Tapi, kembali lagi kalo OT semua nggak sama. Ada yang perutnya tahan, ada yang tidak. Kalo semisal nggak bisa makan makanan Indonesia, ya mau nggak mau harus merogoh kocek lebih dalam, pergi ke restoran cepat saji, atau minimal sediain makanan umum seperti di atas tadi.  

Nah, gimana teman-teman, kalo kalian? Sebenernya ada banyak banget hal yang emang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan, tapi tiga poin tadi udah mewakili hal paling pokok untuk persiapan kita menerima kunjungan tamu dari negeri dua benua.