Kalau Belanda punya Keukenhof, Istanbul juga punya Emirgan Park.

Tidak lupa bendera Turki dari bunga tulip juga terpampang jelas

Salah satu taman yang jadi rujukan saat musim semi tiba yaitu Emirgan. Emirgan Korusu, begitu orang turki menyebutnya terletak di daerah timur laut Istanbul, tepatnya di distrik Sarıyer, pesisir Istanbul Eropa. Mungkin tidak semua orang Turki paham tentang keberadaan taman ini. Namun kala musim semi tiba, Taman Emirgan penuh lautan manusia.

Pemandangan selat langsung dapat terlihat dari Taman Emirgan

Festival Tulip di sini biasa ada setiap tahun di musim semi, yaitu antara bulan Maret dan April. Waktu yang tepat untuk ke taman ini biasanya di akhir Maret sampai pertengahan April karena bunga-bunga terutama tulip masih menguncup dan belum sepenuhnya mekar. Permadani cantik bak karpet dari hamparan tulip warna-warni sangat memanjakan mata para pengunjung. Dengan area taman yang begitu luas, teman-teman bisa menyisihkan waktu lebih lama untuk mengeksplor lebih jauh tiap bagian taman ini.

Bagian penting tentu saja taman tulip. Ini bagian utama dan paling favorit dari para pengunjung, yaitu ingin mengabadikan momen dengan berbagai bunga warna-warni. Kemudian ada area piknik dengan rindangnya pohon pinus, cocok untuk duduk-duduk, santai bersama teman maupun keluarga. Jika lelah dan butuh asupan energi, jangan khawatir! Di dalam taman emirgan terdapat ‘kantin’ yang menjual makanan dan minuman. Biasanya cukup ramai, sabar saja untuk ikut antrian. Harga makanan dan minuman cenderung wajar untuk ukuran taman wisata, murah menyesuaikan harga di luaran.

Menuruni Taman Emirgan, terdapat danau kecil lengkap dengan angsa, burung dan bunga tulip

Antrian di tempat makan di dalam area Taman Emirgan, harganya relatif wajar

 

Nah jika teman-teman berkunjung ke sini pas musim semi, jangan kaget kalau ketemu banyak orang Indonesia. Emirgan biasa masuk list tempat-tempat yang wajib dikunjungi, apalagi saat musim semi. Banyak dijumpai teman-teman sebangsa yang berwisata baik mandiri maupun rombongan Umroh+Turki.