Banyak jalan menuju ke Turki! Eh maaf pepatahnya dipinjem dulu J

Mau liburan ke negeri transbenua ini dan ngurus semuanya sendiri tanpa travel agensi? Bisaaaa banget!!! Gimana cara ngurusnya? Gampang kok kalo paspor udah ditangan, niat, mantep hati, dana ok dan mau usaha, semua bakalan lancaaarrrr….

´´Tiketnya? Pasti mahal ya?´´

Heuheu… kalo ini mah untung-untungan. Sebenernya mahal enggak harga tiket tiap orang kan relatif, cuma biasanya standar harga tiket PP ke Turki ya sekitar sepuluh sampai belasan juta, itupun tergantung banyak hal. Kadang kalo pas untung dan dapat promo bisa dapet 6 juta PP, pas high season dan dadakan bisa sampe lebih dari 15 juta. Balik lagi, ini tergantung banyak hal. 

´´tergantung banyak hal itu apa aja?´´

Dapet tiket harga murah emang nggak mustahil. Banyak banget hal yg perlu dipertimbangkan kalo mau berburu tiket murah. Kecuali kalo dana melimpah, nggak perlu repot-repot ngecek dan seleksi. Langsung aja booking J. Nah kalo yang pas-pasan? Bisalah tentukan rencana jauh-jauh hari dan sering-sering cek juga mesin pencarian jual beli tiket supaya nemu harga yang sesuai di kantong. Terus lihat dan pertimbangkan juga nih beberapa faktor berikut :

  • Low/high season dan promo

Summer biasanya harga tiket lebih mahal karena cuaca bagus dan orang banyak yang liburan. Tiket pesawat mahal selain summer juga ada di akhir tahun. Entah… biasanya akhir tahun tiket pesawat juga naik karena orang bepergian merayakan liburan akhir tahun dan tahun baru. Terus pas hari raya juga, tiket bakal mahal sekaligus rebutan karena cepet habis. Nggak heran orang-orang rela pergi atau memesan jauh-jauh hari demi tiket berharga aman. Low season biasa pas musim dingin atau spring karena orang malas bepergian keluar rumah, jadi sering juga maskapai banting harga, banyak promo. Bulan Februari, Maret, April biasanya banyak promo. Pernah cek tahun 2017 pas winter dapet penawaran dari Qatar Airways terbang dari Jakarta ke Turki cuma 5 juta PP, Singapore Airlines juga 5 jutaan. Untuk tau update-an promo tiket pesawat, langganan aja newsletter dari maskapai, jadi ntar kita bakal dapat info promo atau penawaran menarik yg dikirim ke email kita. Selain high/low season, perhatikan juga waktu terbaik beli tiket/keberangkatannya. Weekend biasanya lebih mahal.

Ohiya nyari tiket juga bisa dicoba subuh pagi siang sore malam karena kita nggak tau kapan bisa beruntung dapat murah. Banyak juga yang bilang pake incognito mode (mode penyamaran) kalo mau browsing di web biar riwayat cookies kita nggak tercatat. Jadi pas kita bolak-balik kunjungi web buat cek harga tiket agar nggak naik karena trafik cookies kita nggak terdeteksi.

  • Destinasi/tujuan

Turki bagian mana? Kebanyakan penerbangan ke Turki berhenti di Istanbul (baik Sabiha Gokcen Asia atau Ataturk Eropa). Kalo di luar Istanbul, pasti tuh kita harus nambah lagi pengeluaran buat penerbangan dari Istanbul ke kota tujuan. Kalo destinasi kota yang deket Istanbul, bisa tetep pilih pemberhentian di Istanbul, lalu naik transportasi darat ke kota lain, jadi nggak perlu nambah biaya tiket pesawat. Tapi itu nggak semua sih, misalnya ada rute dari maskapai Qatar Airways yang bisa langsung dari Doha Qatar ke kota tujuan Ankara atau Adana di Turki tanpa perlu transit Istanbul. Jadi mending sebelum beli, cek-cek aja dulu rute-rute dari tiap maskapai.

  • Rute Penerbangan

Seringnya penerbangan ke Turki dari Jakarta terbilang mahal. Untuk itu banyak orang milih alternatif lain supaya dapat harga lebih murah. Rute penerbangan dari Kuala Lumpur atau Singapura biasanya jauh lebih murah dari Jakarta. Thanks jambukebalik.com dulu dapet info ini dari blog mas Refky. Tapi meskipun lebih murah, kita juga perlu perhitungkan tiket dari Indonesia ke KL/Sing. Jangan sampe kalo ditotal tiket PP Indo-KL/Sing + KL/Sing-Istanbul lebih mahal dari Jakarta-Istanbul. Malah berabe entar, udah rempong (ibaratnya transit) ternyata ditotal harga lebih mahal hehe!.   

Penerbangan dari Indo ke KL/Sing bisa dipilih beberapa maskapai alternatifnya, misal pake air asia, lion, batik air, malindo, silk air atau yg lainnya. Pilihan dari indo ke KL/Sing lalu dilanjut KL/Sing ke Istanbul emang agak ribet sih. Beli tiket juga dua kali. Tapi dulu pengalaman pribadi meskipun lumayan capek, tapi nggak apa-apalah agak mending sih daripada tiket super mahal dari Jakarta. Selisihnya bisa berapa juta gitu dulu :( . Nggak tau sekarang, sering-sering cek aja intinya.

Maskapai penerbangan

Maskapai familiar yang biasa dipakai orang Indonesia kalo mau ke Turki itu biasanya:

1. Turkish Airlines

Turkish Airlines (THY) kalo dari Jakarta satu-satunya yang bisa direct flight, jadi tanpa transit. Enaknya, nggak terlalu capek dan hemat waktu. Karena langsung Jakarta-Istanbul, makanya harga tiket biasanya mahal dari pada maskapai lainnya. THY ini menurut Skytrax masuk kategori maskapai bintang 4 dan beberapa kali sempat jadi maskapai terbaik di Eropa. Seat yang bisa dipilih ada economy class dan business class.

2. Qatar Airways

Qatar Airways rute Jakarta-Doha-Turki (Istanbul atau beberapa lain kota di Turki). Semua penerbangan maskapai ini perlu transit dulu di Doha. Qatar termasuk maskapai bintang 5 versi Skytrax. Maskapai terbaik dunia menurut Skytrax tahun 2017 ini menawarkan seat economy class, business class, juga first class. Untuk penerbangan dari Indonesia sendiri, selain dari Jakarta, Qatar Airways juga melayani penerbangan dari Denpasar Bali.

3. Emirates

Dengar kata ´Emirates´ pasti pikirannya langsung wow, elit, glamor!. Seakan-akan udah terdoktrin Emirates emang salah satu maskapai kelas wahid yang nggak perlu ditanya lagi. Apalagi namanya udah terkenal dari jaman bahola karena sering sponsorin klub-klub besar sepakbola hehehe. Meskipun gitu, Emirates masuk kategori maskapai bintang 4 versi Skytrax. Seat yang tersedia yaitu economy class, business class dan first class. Penerbangan ke Turki dari Indonesia harus transit di Dubai dengan rute Jakarta-Dubai-Istanbul.

4. Singapore Airlines

Singapore Airlines (SIA) masuk kategori bintang 5 versi Skytrax, juga salah satu maskapai terbaik di Asia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir selalu jadi langganan tiga besar best airlines in the world. Seat ada economy class, business class dan first class. Untuk penerbangan dari Jakarta ke Turki pake maskapai ini harus transit di Changi Singapore dengan rute Jakarta-Singapore-Istanbul. Kalo berangkat dari Singapore bisa langsung ke Turki. Iyalah wkwk. 

5. Etihad Airways

Maskapai yang punya markas di Abu Dhabi ini masuk kategori bintang 5 versi skytrax, maskapai yang pertama kali dapat rating 5 di UAE. Pilihan seat economy class, business class dan first class. Untuk penerbangan dari Jakarta harus transit AUH dengan rute Jakarta-Abu dhabi-Istanbul (atau kota lain yg tersedia). 

6. Saudi Arabia Airlines

Maskapai bintang 4 skytrax  ini mengharuskan transit di Jeddah dari Jakarta menuju Turki. Rutenya Jakarta-Jeddah-Istanbul. Seatnya economy class, business class, first class.

* sumber gambar dari flightradar24. Gambar hanya sebagai ilustrasi saja.

*Penerbangan langsung tentu lebih mahal. Untuk penerbangan jarak dekat beberapa airlines di atas juga tidak menyediakan first class, apalagi kalo armada penerbangan bukan berbadan lebar.

 

WEBSITE / APLIKASI BOOKING TIKET PESAWAT

Ada banyaaakkk banget aplikasi atau situs booking pesawat. Berikut dua search engine favorit saya dan mas, yang biasa kami gunakan buat perbandingan.

  • yes Skyscanner

(tampilan website skyscanner)

Website atau aplikasi asal UK ini adalah search engine (mesin pencarian) perjalanan yang sangat terkenal termasuk di Indonesia, bisa memindai situs penerbangan, hotel, hingga sewa mobil. Banyak orang Indonesia yang sudah familiar dengan yang satu ini. Bahasa dan kurs mata uang bisa dirubah kok di setting, jadi nggak pusing pake web/app. Ohiya kadang orang salah paham menganggap skyscanner ini travel agent. Padahal skyscanner itu ´mesin pencari´ , ibarat ´google´nya dalam situs perjalanan lengkap di dunia. Beda kalo online travel agent (OTA) semisal kayak traveloka, tiketcom, dll itu.

  • yes Momondo

(tampilan website Momondo)

Search engine dari Denmark ini juga terkenal di luar, sama seperti Skyscanner, Kayak, dsb. Cuma di Indonesia Momondo kurang begitu dikenal sepertinya (tidak sefamiliar Skyscanner), nggak ada kurs rupiah juga (tapi ada dollar, euro, turk lirasi). Jadi bahasa dan kurs yang tersedia di Momondo tidak sebanyak di Skyscanner. Selain penerbangan, Momondo juga penyediakan pencarian hotel dan sewa mobil. Meskipun di Indonesia mungkin pengguna Momondo tidak sebanyak Skyscanner, tapi ini recommended juga lho. Pengalaman kami dulu pernah ngecek beberapa kali harga tiket di Momondo malah lebih murah dibanding Skyscanner. Tapi ya nggak selalu sih, cuma dulu sering bandingin sama-sama pake kurs dollar pas dapetnya lebih murah. Mas saya yang di Turki lebih sering pake Momondo untuk urusan cari tiket.   

 

MENYIASATI TIKET MURAH : PENERBANGAN DARI KUALA LUMPUR ATAU SINGAPURA

Udah jadi rahasia umum kalo tiket dari Kuala Lumpur atau Singapore biasa lebih murah dibanding dari Jakarta. Mungkin karena letaknya strategis di Asia, dua bandara ini banyak dijadikan tempat transit oleh banyak maskapai. Frekuensi penerbangan maskapai Luar Negeri ke dua bandara tadi juga sangat sering dibandingkan sama Jakarta. Mungkin selain karena strategis,  faktor bandara yang mendukung juga sih. Karena frekuensi sering itulah harga tiket biasanya tidak semahal dari Jakarta.

  • INDONESIA KE KUL/SING

Buat yang berdomisili di Jakarta, sebenernya bisa pilih penerbangan dari Jakarta (CKG). Tapi kalo mahal, coba aja dari KUL/SING. Jadi ntar beli tiketnya dua kali. Tiket PP Jakarta-Kuala Lumpur/Singapore dan tiket PP Kuala Lumpur/Singapore-Istanbul. Untuk ke Kuala Lumpur atau Singapura, pilihan maskapai dari Jakarta relatif lebih banyak dibandingkan kota lain di Indonesia.

Pilihan maskapai CKG-KUL = Lion, Air Asia, Batik Air, Malindo Air, Jetstar, Scoot, Garuda.

Pilihan maskapai CKG-SIN = Lion, Air Asia, Jetstar, Scoot, Batik Air, Garuda, Singapore Airlines. *Garuda dan Singapore Airlines available tapi harap bersabar harganya  J

Buat yang domisilinya di luar kota Jakarta, jangan khawatir. Kita bisa langsung terbang ke KUL/SIN nggak perlu harus ke CKG dulu. Jadi di beberapa kota besar selain Jakarta juga ada maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke KUL/SIN. Kota-kota apa aja itu?

Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya ada direct flight ke KUL/SIN. Untuk ke Kuala Lumpur penerbangan langsungnya pake Air Asia. Untuk ke Singapore penerbangan langsung bisa pake Air Asia atau Silk Air (Silk Air ini recommended karena full service). Perlu diingat Air Asia nggak full service, jadi semua dijual terpisah (kita musti beli bagasi di web), makanan minuman juga harus beli, kalo nggak beli ya nggak makan wkwk. Kalo Silk Air dapet jatah bagasi 30kg+ makan minum juga.

  

sumber : flightradar24

  • KUL/SIN KE TURKI

Dari Kuala Lumpur atau Singapore ke Turki lebih enak pake Turkish Airlines karena langsung tanpa transit. Kalo pilih maskapai timur tengah lain ya mau nggak mau harus transit (lagi). Untuk terbang dari Singapore, selain pake Turkish Airlines bisa langsungan juga kok pake Singapore Airlines. Jadi nggak perlu transit lagi! Hemat waktu, tenaga, dan kantong juga pastinya J.

Gimana lurrrrr udah siap yang mau berangkat ke Turki?