Letaknya di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul sekitar dua jam lebih dari pusat Kota Yogyakarta (tergantung kemacetan jalur darat). Jaraknya yang cukup jauh dan terkadang diselingi tanjakan memang melelahkan. Namun setelah sampai desa yang dimaksud, mata bahagia memandang kesejukan dari hijauan sawah dan pohon-pohon rindang. Sejuk. Menjumpai penduduk desa yang bercocok tanam dan tak jarang senyum mengembang saat melihat seseorang datang.

Hari-hari biasa cukup lumayan yang datang di sore hari. Lain waktu weekend, ratusan pengunjung datang bahkan beberapa rela camping di puncak. Masyarakat yang datang biasanya mengejar sunset karena sebagian besar sudah siap dengan kamera untuk mengabadikan sensasi ‘negeri atas awan’. Nampak Gunung Gentong tak jauh berbeda dengan Gunung Nglangeran. Akan tetapi menurut cerita yang berkembang di masyarakat, tempat ini memiliki nilai sejarah yaitu merupakan tempat pesinggahan Prabu Brawijaya.

Satu hal yang cukup melegakan, tak perlu khawatir koneksi karena di area Desa Ngalang masih terjangkau sinyal bahkan di Gunung Gentong Watu Tumpang sekalipun. Datang ke tempat ini cukup membayar parkir dan infaq seikhlasnya. Ada beberapa warung di sekitar area namun sarana lain seperti toilet/kamar mandi, tempat ibadah masih terbatas dan perlu pembenahan.

 

Suwun ciks pengalamannya! sayangnya nggak full team hoho