Simcard hangus karena melewati masa tenggang yang diakibatkan kelalaian mengisi ulang memang bisa jadi fatal. Apalagi simcard tersebut bisa dibilang cukup sepuh (re:tua,lama) sehingga sangat sayang jika sampai hangus sia-sia. Namun dalam berbagai situasi dan keadaan, ada kalanya semua bisa terjadi pada kita. Ada yang bilang masih bisa ditoleransi, namun ada pula yang yang berkata jika hangus tak bisa diampuni alias mau tidak mau kita harus membeli yang baru, mengganti nomor yang sebelumnya tidak kita ingini. 

 
Senin malam, 11 April 2016 saya membuka HP tua adik yang mana di dalamnya terdapat simcard milik saya. Simcard itu sudah bertahun-tahun umurnya dan beberapa bulan terakhir memang sedang dipinjam adik karena sangat jarang dipakai untuk telponan atau kirim-kirim sms, maka saya pikir bolehlah buat mengisi HP tua yang ‘nganggur’. Ketika buka pesan dari Indosat tertanggal 9 April 2016, ternyata di dalamnya berisi peringatan untuk segera isi ulang atau nomor akan hangus di hari Minggu tanggal 10 April 2016 (padahal saya baru buka pesan itu tanggal 11 April malam hari). Tidak karuan memang rasannya saat itu. Setelah coba buka web Indosat, searching nggak karuan, dan karena beberapa pendapat mengatakan bisa diaktifkan lagi, namun banyak juga yang bilang tidak (malah jadi bingung), akhirnya malam itu saya hubungi customer service Indosat via email. Kurang dari sejam, balasan email diterima.
 
awalnya ditanyai nama dan nomor untuk pengecekan
kemudian ini syarat-syarat pengajuan aktivasi kartu

 

 

 

 

 

 
 
 
Pagi harinya saya segera ke Gerai Indosat Jogja di Jalan Sudirman (timur Tugu, selatan jalan) yang dari informasi sebelumnya buka pukul 08.00. Jam 08.15 saya sampai dan mendapat nomor antrian A14. Btw sekarang udah pindah di Jalan C. Simanjuntak Terban, selatan mirota kampus ugm. 
 
 
Sebelumnya, petugas gerai menanyai keperluan kita (saya bilang ingin reaktivasi kartu, dari raut wajah beliau seakan 50:50 (lebih ke nggak yakin sih jadi bukan fifty-fifty :DD, beliau memberi nomor antrean serta berkata agar mencoba terlebih dahulu bisa atau tidaknya). Setelah menunggu sekitar satu jam akhirnya dipanggil juga. 
 
Sampai di depan teller (atau apalah namanya), petugas meminta KTP dan akan mengecek terlebih dahulu di komputer belakang (saya kurang tau.. yang jelas petugas pergi sekitar dua atau tiga menitan). Setelah kembali, petugas bilang bahwa nomor saya bisa diaktifkan kembali karena masih dalam tiga hari setelah masa tenggang berakhir (hangus) namun dengan syarat harus mengisi pulsa di Gerai Indosat (saat itu saya membeli 25.000 untuk masa aktif satu bulan). Setelah dicek, akhirnya nomor saya bisa aktif kembali+jangan lupa cek pulsanya juga hehe 
 
Cukup bersyukur saat itu karena pikiran buruk saya tidak benar. Sebelumnya saya juga tidak  mengisi kertas formulir yang disediakan (setelah mendapat nomor antrean langsung menunggu panggilan tanpa mengisi kertas, setelah di teller baru diminta KTP). Beberapa orang yang pernah mengalami hal sama seperti saya harus mengisi selembar kertas terkait pengajuan reaktivasi nomor. Saya pribadi juga kurang tau, mungkin karena kebijakan setiap gerai berbeda-beda (?)