Tulisan ini lanjutan dari yang sebelumnya, bisa dibaca disini yaitu tentang Indonesia di mata orang Turki secara umum. Kali ini sebaliknya, anggapan umum orang Indonesia terhadap orang Turki itu seperti apa sih ? 

  • TURKI NEGARA MAYORITAS MUSLIM

Mayoritas penduduk Turki adalah muslim. Namun mayoritas tidak berarti semua. Penduduk dengan kepercayaan lain, Kristen, Katholik, Yahudi hingga Atheis juga tetap hidup berdampingan bersama.   

  • TURKI NEGARA ISLAM SAMA HALNYA DENGAN NEGARA ARAB LAINNYA

Pada kenyataannya, Turki masih mengusung paham sekulerisme. Meskipun orang-orang bilang kebangkitan Islam mulai  dibawah pimpinan presiden saat ini, namun Turki masih memilih mempertahankan ideologi sekuler dalam pemerintahannya. Sekuler bukan berarti anti-agama dan tidak merujuk ke satu golongan saja. Selain itu, sebagian besar orang Turki tidak mau disamakan dengan Arab karena mereka menganggap pada dasarnya mereka berbeda.

  • TURKI MENGGUNAKAN BAHASA ARAB

Banyak orang Indonesia yang berpikiran bahwa Turki menggunakan Bahasa Arab, dengan pemikiran tak lain: Turki mayoritas muslim, maka ia adalah negara islam, yang mana biasanya negara Islam ada di Arab (dekat dengan Arab) dan di kawasan Arab berbahasa Arab tentunya. Anggapan tersebut kadang cukup sering dijumpai di Indonesia. Padahal, Turki mempunyai bahasa sendiri, yaitu Türkçe atau Bahasa Turki. Memang benar Bahasa Turki kuno dulunya menggunakan huruf arab namun bukan Bahasa Arab yang kemudian diganti dengan huruf abjad latin. Sama halnya dengan Arab Melayu, pemakaian huruf Arab namun tetap menggunakan bahasa Melayu. Kosa kata Bahasa Turki pun memiliki beberapa kemiripan dengan Bahasa Arab dan Bahasa Persia. Bahasa Turki masuk dalam rumpun Turkic yang dalam tataran lebih besarnya masuk dalam rumpun bahasa Altaic, satu rumpun besar dengan bahasa Jepang dan Korea.

  • PRESIDEN TURKI

Salah satu dari sekian banyak hal yang cukup diketahui orang Indonesia dari negara Turki adalah sosok presidennya. Media menjadi faktor kuat yang menyebabkan nama pemimpin Turki sering dielu-elukan bagi sebagian orang di sosial media. Kembali lagi pada THE POWER OF MEDIA serta kekuatan politik di dalamnya.    

  • NEGERI KEBAB DAN KARPET

Begitu terkenalnya makanan kebab hingga sekarang sudah banyak muncul franchise kebab Turki di Indonesia. Kebabnya pun dihadirkan dengan bermacam jenis dan rasa. Lalu, bagi beberapa orang di Indonesia, Turki juga terkenal akan produk andalan karpet selain dari India. 

  • DRAMA TURKI - ELIF, CANSU HAZEL, MUSIM CERI DAN LAINNYA

Drama Turki membuat sedikit banyak orang Indonesia demam akan negara dua benua. Dulu film atau drama Turki yang diputar di layar kaca hanya sebatas yang berbau sejarah namun sekarang sudah merembet ke hal cinta, keluarga, dan sisi kehidupan lainnya. 

  • COWOK GANTENG, CEWEK CANTIK, ALIM

Anggapan sudah sejak dulu kala, namun cukup melambung lagi setelah drama-drama Turki yang ikut-ikutan menghiasi layar televisi Indonesia. Kembali lagi, ganteng atau cantik itu relatif. Begitu juga dengan anggapan alim yang tidak bisa disamaratakan.

  • MASJID BIRU, HAGIA SOPHIA, BALON UDARA

Pariwisata Turki mulai santer merambah Nusantara dalam beberapa kurun waktu terakhir. Ikon favorit Blue Mosque dan Aya Sofya selalu menjadi tujuan wajib wisatawan asal Indonesia. Dengan kata lain, belum ke Turki kalo tidak mampir ke destinasi satu ini. Ditambah lagi, Kapadokya menjadi objek wisata tinggi peminat yang menjadi list utama orang Indonesia.  

 

Nah itu tadi beberapa anggapan yang cukup umum diketahui (sebagian) orang Indonesia tentang Turki. Sekali lagi, tidak semua orang Indonesia tau banyak negara Turki, tapi kebanyakan dari semua yang tau tidak lepas dari hal-hal di atas. Poin-poin tersebut bukan sebagai patokan namun kenyataan yang benar-benar ada di tengah masyarakat Indonesia.