Banyak orang Indonesia yang suka negara Turki. Lalu bagaimana Indonesia -secara umum- di kenal orang Turki?

Dari pengalaman pribadi dan cerita segelintir orang (baik Turki maupun Indonesia), ada beberapa  yang diketahui OT tentang Indonesia pada umumnya :

- Orang Turki (OT) tau Indonesia karena terkenal negara mayoritas muslim terbesar, apalagi namanya cukup santer di musim haji. Pernah diceritain sama orang sana yang pas waktu haji ketemu banyak orang Indonesia. Katanya, jamaah haji dari Indonesia ramah-ramah, baik, rajin dan rapi. Orang Indonesia cukup terbuka dan bersahabat.

- Nggak semua orang Turki tau Indonesia, banyak yang nggak tau. Selain mereka mengenal Indonesia dari jamaah haji umroh yang kadang sekalian wisata ke Turki, sebagian kenal dari pernikahan campur maupun para pelajar yang menimba ilmu di sana. Orang Turki tidak gampang mengenali wajah orang Indonesia, mereka terkadang menebak dari Asia atau bahkan tak jarang dari Afrika. Jikapun mereka yakin dari Asia, negara yang disebut tak jauh dari Cina, Jepang atau korea. Paling pol Malaysia !

- Mau ke Bali Island butuh visa nggak? –pernah denger pertanyaan ini?--

Ketemu beberapa OT yang sempat pergi ke Bali dan mereka dulu nggak tau kalo itu salah satu pulau di Indonesia. Ternyata banyak juga OT yang suka liburan ke Bali. Memang sih jumlahnya kalah jauh alias nggak sebanyak yang dari Belanda, Jerman, Prancis apalagi Australia.  

- Beberapa OT tau Indonesia karena bencana alam terutama tsunami . Aceh, satu kota yang cukup dikenal bukan saja soal sejarahnya namun karena tsunami dahsyat 2004 silam.  Terkadang berita bencana alam di Indonesia juga masuk media Turki, jadi tidak heran mereka tau Indonesia dari bencananya.

 

Nggak selalu beberapa hal di atas dikenal OT karena ternyata oh ternyata banyak juga yang tak tau menau keberadaan NEGARA INDONESIA dan negara-negara lain di Asia. Ada yang tak tau tapi mengenal INDONESIA dari beberapa lagu atau filmnya. Pernah ngalamin pertama kali ketemu salah satu temen OT, yang disebut tentang Indonesia adalah film Ayat-Ayat Cinta. Tentu sumber informasi dari lagu atau film ini bisa berasal dari mahasiswa ataupun masyarakat Indonesia yang bermukim di Turki. Ada lagi yang tau tentang Indonesia karena memang mengikuti berita internasional dari politik hingga ekonomi. Ada pula yang mengatakan Turki Indonesia sudah seperti saudara jauh. Memang sih dari semua OT yang tau INDONESIA, sebagian besar mengenal karena kesamaan populasi penduduk mayoritas muslim dan rombongan haji umrahnya sering mampir wisata. :V

Kalo Turki di mata Indonesia, kira-kira apa ya? klik