Turki Sudah Bebas
30 Juli 2021

TURKI SUDAH BEBAS COVID19?

By Mutluluck

Setahun lebih Turki dan seluruh negara di dunia bertarung melawan wabah covid19. setelah lebih dari setahun, apakah mereda? 
Teman-teman dari Indonesia banyak yang tanya karena banyak selebgram dan artis-artis ibu kota berbondong-bondong plesiran ke Turki di tengah pandemi. Mereka berfoto tanpa masker, pindah satu kota ke kota lain dengan gampang, jadi dikiranya Turki udah terbebas dari corona.

Kenyataannya? Belum.
Kasus covid19 di Turki ini naik turun. Aturan lockdown dan pengetatan atau semacam psbb dan jam malam udah dicabut. Supermarket dan restoran kembali buka normal. Sekitar 40 juta dari 83 juta penduduk Turki udah divaksin dosis pertama per hari ini. Wacana new normal sempet di depan mata, kehidupan berangsur pulih. Tapi kalo keluar tetep pake masker meskipun kadang pada lepas juga sih (formalitas). Naik transportasi umum wajib banget pake masker, ke tempat publik (mall misalnya) masih tetep scan hes kodu (sistem barcode untuk tracing). Kemarin Hari Raya Qurban banyak masyarakat kota mudik ke desa dan liburan musim panas, jadi tinggal nunggu lonjakan kasus lagi dari perpindahan antarkota. Untuk hari ini aja kasus naik lagi jadi 20ribu lebih dalam sehari.

Turis asing bebas masuk?
Memang bener Turki udah buka pariwisata sejak akhir tahun lalu setelah sempat tutup border awal-awal corona. Pariwisata Turki anjlok banget, jadi nggak heran Turki menggandeng banyak influencer dari banyak negara untuk promosi pariwisata. Kenapa banyak turis di Turki? jadi sebegitu tiba di Istanbul, Turki nggak menerapkan kebijakan karantina beberapa hari. Hasil tes PCR (-) cukup untuk masuk Turki. Bahkan di masa pandemi ini Turki sering dijadikan tempat singgah atau negara rujukan oleh beberapa pihak untuk melangsungkan kepentingan karena longgarnya peraturan tidak mewajibkan karantina begitu masuk negara. 

Jadi, kalo dibilang Turki bebas virus corona adalah tidak benar. Turki hanya mencabut aturan-aturan yang dulu lumayan ketat jadi lebih fleksibel sekarang. Orang-orang masih pake masker di tempat umum, meskipun kadang yaaa nggak nggak bisa dipungkiri untuk formalitas juga. Turki juga masih sama-sama berjuang melawan pandemi ini. Doa terbaik untuk semua, semoga dunia lekas pulih kembali.